Dari Stik Es Krim, Benang, Sampai Kaus Kaki

20 Oct 2013 Gita Lovusa Buku, Karya Tangan 3

Bikin-bikin atau prakarya bukan keahlian saya, tapi entah kenapa saya suka ajak Cha bikin-bikin, mencoba membuat sesuatu yang baru. Juga kalau Cha yang ajak bikin-bikin, saya pasti suka. Sore itu Cha ingin bikin-bikin, tapi belum tahu mau membuat apa. Saya ajak Cha membuka kotak prakarya dan membiarkannya memilih mau bikin-bikin dari bahan apa. Cha memilih stik es krim. Ia membuat aneka bentuk dari stik es krim dan saya juga membuat sesuatu dari stik es krim itu.

Ide dadakan pun datang. Saya susun empat stik es krim, lalu menggunting kertas sesuai ukuran. Lalu menggunting burung hantu dari kertas scrapbook yang dikasi Mbak Ing, lalu menempelnya di kertas. Tadaaa, jadilah hiasan pintu. Cha juga ingin membuat seperti itu. Saya hanya membantu mengukur kertas agar sesuai ukuran dan menggunting bagian burung hantu yang kecil-kecil. Selebihnya Cha yang mengerjakan. Jika punya saya ditempel di pintu rumah, Cha ingin memberikan hasil karyanya untuk nenek dan kakeknya.

pajangan burung hantu

 

Beberapa waktu lalu, kami membeli buku seri Childcraft  dari Mbak Ayu, Idea Bookshop. Seri Childcraft ini ada 15 buku. Ternyata buku yang diambil oleh Cha pertama kali adalah yang bertema Make and Do. Awalnya Cha suka membuat gambar funny faces seperti yang ada di buku itu. Ia juga betah membolak-balik buku tersebut. Lama-lama saya penasaran. Aiiiih, ternyata isinya menarik! Saya melihat bagian membuat boneka dari benang dan kayanya cukup mudah. Saya ajak Cha membuat itu karena kami punya cukup banyak stok benang rajut.

Saya gunting karton bungkus odol, memanjang. Lalu melilitkan benang secara memanjang di karton tersebut. Gunting benang saat dirasa sudah cukup. Ikat bagian atas untuk membuat kepala. Gunting beberapa helai benang di bagian kanan dan kiri untuk membuat tangan. Ikat bagian tengah untuk membentuk badan. Yang terakhir, bagi benang bagian bawah menjadi dua untuk membentuk kaki kanan dan kiri, lalu ikat. Jadi, deh. Yang pink punya saya, yang pink tua karya Cha.

Boneka ini sederhana, mudah membuatnya. Tapi bisa membuat imajinasi anak 6 tahun melanglang buana dan terciptalah aneka cerita.

boneka benang

 

Masih dari seri Childcraft, buku Make and Do. Ketika ada kaus kaki Ayah yang sudah tidak terpakai, saya ajak Cha membuat boneka dari kaus kaki seperti petunjuk di buku.

Gunting bagian ujung kaus kaki, lalu tempelkan karton di bagian mulutnya (saya pakai bungkus odol). Beri mata dan tanduk (pakai bungkus odol juga). Seperti biasa ketika bikin-bikin, Cha dan saya membuat prakarya masing-masing. Ketika boneka kaus kaki selesai, saya nggak puas karena menurut saya hasilnya nggak rapi dan nggak bagus. Tapi Cha tetap antusias menyelesaikan kerjaannya. Dalam hati, saya ada rasa malas main dengan boneka ini. Tapi ketika melihat Cha mengambil bonekanya dan boneka saya, lalu bermain dan bercerita dengan dua boneka barunya.. Ooh, saya jadi berubah pikiran. Rapi atau bagus itu persepsi saya. Buat Cha, bagaimana pun hasilnya, ia akan tetap bisa berimajinasi dengan boneka kaus kaki.

boneka kaus kaki